A

Rabu, 20 Juni 2012

Apa Business Plan (Rencana Bisnis) itu?

Bismillahirrahmanirrahim.

Setelah beberapa minggu berjalan, program Beasiswa Usaha yang diprakarsai oleh PT. Marshal International memasuki tahap ketiga, yaitu pembuatan Business Plan (Rencana Bisnis). Berikut ini saya sertakan beberapa contoh dalam pembuatan rencana bisnis yang sederhana dan materi dari tim Beasiswa Usaha, klik disini.
Apa itu business plan? Business plan adalah proses penentuan visi, misi, dan tujuan untuk menjalankan bisnis tertentu. Terdapat pula di dalamnya analisa tentang strategi, pangsa pasar, analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treat), maupun anggaran yang diperlukan untuk membangun bisnis. Analisis SWOT adalah tahap awal dari perencanaan dan itu membantu bagi para pelaku bisnis untuk memfokuskan diri pada salah satu masalah utama. Artinya, dalam rencana bisnis tersebut, sudah dirumuskan bagaimana usaha akan berjalan, kekuatan utama dan kelemahan bisnisnya, serta ancaman utama yang bisa membuat bangkrut pun sudah dipaparkan. 
Jadi, buatlah rencana bisnis yang matang sebelum anda memulai bisnis. Apalagi jika usaha tersebut menghabiskan modal yang lumayan besar. Jangan lupa berdoa dan tawakkal kepada-Nya.

Bahan bacaan : http://www.marketingteacher.com/lesson-store/lesson-swot.html.

Alhamdulillahirabbil 'alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa artikel yang saya sajikan menarik? Berikan komentar anda.